Bahasa Kutai Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Diantaranya Unit Kamsel Satlantas Polres Kukar melaksanakan penyampaian informasi tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan Mahakam 2024, yang berlaku mulai tanggal 4-17 Maret 2024. Semua informasi mengenai Prakiraan Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, dan Gempabumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia tercakup dalam satu aplikasi mobile. Kabupaten Kukar, Kaltim berhasil menurunkan angka stunting dari 27,1% pada 2022 menjadi 17,6% di 2023, meski tanpa mendapat bantuan dari Pemprov Kaltim. Pria AA ditangkap karena memperkosa dan membunuh wanita N di Kukar, Kaltim.

Ia juga berharap bukan hanya kolaborasi di tingkat atas saja tetapi juga ditingkat bawah agar penanganannya lebih terkendali.”Dalam penanganannya saya harap dapat dilaporkan dan dikoordinasikan secara berkala serta transparan dan untuk tingkat desa/kelurahan bisa dibantu oleh kepala puskesmas atau kepala desa dan juga tim Tp2s(tim percepatan penurunan Stunting)”ungkapnya. Lebih lanjut Edi juga mengajak untuk tetap menjaga kedamaian dan IKA Pakarti mampu membina warga masyarakat dan anggotanya.”Saya terus berharap dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah untuk bersama sama menjalankan visi dan misi KUKAR IDAMAN (Kutai Kartanegara yang Ivonatif, Berdaya Saing dan Mandiri),” harapnya. Secara faktual, diberbagai daerah telah terbentuk kelompok REDKAR, baik yang dibentuk atas inisiatif masyarakat, dunia usaha, maupun pemerintah daerah melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Bahasa Kutai merupakan sebuah bahasa dalam rumpun Melayik yang dituturkan oleh Suku Kutai yang mendiami alur sepanjang Sungai Mahakam, dan populasinya terbesar di wilayah bekas Kabupaten Kutai (kabupaten induk dari Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kota Balikpapan dan Kota Samarinda sekarang ini) di Kalimantan Timur. Website resmi Pemkab Kutai Kartanegara yang memuat berbagai informasi kegiatan program pembangunan dengan mengedepankan pelayanan berintegritas serta memenuhi harapan masyarakat Kutai Kartanegara maju, sejahtera berkeadilan.

Berikut ini informasi waktu buka puasa dan adzan Maghrib untuk wilayah Tenggarong dan sekitarnya. Seluruh kegiatan kami dokumentasikan dilaman ini, agar masyarakat lebih tau apa yang telah, sedang dan akan kami kerjakan. Sekuriti perusahaan hilang setelah diterkam buaya saat berenang di sungai di Kutai Kartanegara.

Secara Kelembagaan Bupati/Wali Kota dalam kedudukan sebagai pembina penyelenggaraan sub urusan kebakaran di kabupaten/kota merupakan pembina REDKAR di kabupaten/kota, selanjutnya pembinaan dilakukan oleh Kepala Dinas Damkar Matan Kabupaten/Kota. Kepala Dinas PMD Kukar Arianto, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 tentang hubungan kerjasama antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan desa.”Serta Permendagri nomor satu tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa, kemudian diubah dengan Permendagri nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan atas Permendagri nomor satu tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa, ” ujar Arianto. Sementara itu, Edi Damansyah dalam arahannya saat membuka sosialisasi mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan tersebut, dirinya berharap apa yang telah diserahkan tersebut bisa mendukung peningkatan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa secara signifikan.”Kami sangat berharap sarana kerja yang kami serahkan ini, nantinya dapat mendukung beberapa program Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Pusat dalam meningkatkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa secara signifikan,” ujar Edi Damansyah. Menyadari keterbatasan yang dihadapi oleh pemerintah daerah, pencapaian target SPM dalam bentuk perlindungan terhadap kebakaran dicapai oleh petugas pemadam kebakaran, dan oleh REDKAR yang dibentuk atau dibina oleh pemerintah daerah melalui Dinas Damkar Matan. Ia juga meminta kepada pihak perusahaan agar bisa dan berkomitmen dalam mendukung pelaksanaan kegiatan penurunan Stunting dan bisa terus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan tim Tp2s.Selain itu tambah Dafip, untuk pengelolaan dana dan partisipasi perusahaan tidak merujuk pada lokasi area kerja perusahaan saja tetapi berfokus pada wilayah kecamatan.

Edi mengajak keluarga besar IKA Pakarti Kabupaten Kukar untuk menjalankan organisasi ini dengan penuh GUYUB, RUKUN selalu menjunjung tinggi azas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan, tidak ada hal yang tidak bisa dibicarakan dan di musyawarahkan dan secretariat inilah wadah yang tepat untuk mewujudkan cita-cita organisasi ini. Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ingatkan Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKA Pakarti) Kabupaten Kukar untuk bersikap tidak masuk keranah politik serta tetap menjaga solidaritas. Sementara Plt Kepala Distransnaker M Hatta mengatakan Kukar Siap kerja merupakan Langkah Pemkab Kukar Bersama Perusahaan untuk mengentaskan jumlah pencari kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kukar.

Lebih lanjut Edi juga mengatakan Kondisi ketertiban dan keamanan di Kutai Kartanegara tetap baik, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya konflik yang terjadi di daerah ini, baik dari sisi agama, sosial dan suku. Bahkan masyarakat Jawa justru dinilai mampu menciptakan rasa aman dan tenteram di daerah ini. Selain meresmikan Posyandu pada kesempatan yang sama Bupati Edi Damansyah juga memberikan secara langsung (menyuapkan) makanan tambahan bergizi kepada para balita Desa Perian.”Saya minta kepada Kepala Desa dan tim penggerak PKK desa (ibu kepala desa) untuk mengawal dan melaksanakan pemberian makan tambahan bergizi kepada para balita dengan baik,” pint Edi Damansyah. Simak selengkapnya jadwal buka puasa untuk wilayah Tenggarong dan sekitarnya 3 Ramadahan 1445 H/14 Maret 2024 di sini.

Simak selengkapnya jadwal buka puasa untuk wilayah Tenggarong dan sekitarnya 10 Ramadhan 1445 H/21 Maret2024 di sini. KUKAR – Satlantas Polres Kutai Kartanegara (berita kukar hari ini) terus melakukan sosialisasi terkait keselamatan berkendara di jalan raya, dalam rangka Operasi Keselamatan Mahakam 2024. Salah satunya sosialisasi melalui Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kutai Kartanegara, di Jalan Stadion Timur, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong. “Arti penting saling menguatkan antara kita untuk bersama-sama memajukan Paskibraka Kabupaten Kukar dari dalam dan luar ialah ikut memberikan kemanfaatan bagi manusia lainnya, saya yakin Paskibraka Kukar bisa tetap eksis menjaga solidaritas dan kebersamaan, dalam membangun Kukar menjadi lebih baik lagi” katanya. Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kukar tetap menjaga nilai-nilai solidaritas dan kebersamaan, serta dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Dengan system rekrutmen oleh Perusahaan dan dilatih dan bekerja.”Dengan adanya pelatihan ini, memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan, tidak bisa dipungkiri perusahan memerlukan tenaga kerja yang sudah mempunyai kemampuan dan keahlian di bidangnya serta bersertifikasi”,pungkas Hatta. “Ini harus ditangani dengan cepat agar tidak stunting, terkait yang sudah stunting harus ditangani dokter spesialis, jadi tidak bisa lagi ditangani di posyandu” ujarnya.Edi menyebutkan penanganan stunting sangat penting karena terkait generasi penerus, karena kalau sudah stunting sulit penanganannya, dan memerlukan waktu yang lama. Lebih lanjut, dirinya mengatakan apa yang dilaksanakan tersebut merupakan tindak lanjut dalam pemenuhan sarana dan prasarana penunjang untuk mensukseskan program Digitalisasi Pelayanan Publik (Disapa) ditingkat desa.

Dengan harapan seluruh aplikasi digitalisasi seperti Data Desa Presisi, Sistem Keuangan Desa Online (Siskeudes online) serta beberapa digitalisasi lainnya bisa dilaksanakan dengan baik. Jadwal buka puasa dan adzan maghrib 17 Maret 2024 untuk wilayah Tenggarong dan sekitarnya. Jadwal buka puasa dan adzan maghrib 19 Maret 2024 (8 Ramadan 1445 H) untuk wilayah Tenggarong dan sekitarnya di sini.

“Bekerjalah dengan baik untuk mengembangkan diri lebih baik lagi, tanamkan pada diri bahwa pekerjaan yang didapat ini sebuah keberuntungan dari yang lain masih mencari pekerjaan diluar sana, jangan disia – siakan. Begitu pula dengan Perusahaan harus bisa menjaga tenaga kerjanya dengan baik karena mereka adalah asset Perusahaan. Perusahaan tidak akan ada jika tanpa tenaga kerja begitu pula sebaliknya”,tegas Edi. Kepada para tenaga kerja yang dilepas, Edi mengingatkan agar bisa menggunakan kesempatan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri. Semua tergantung dengan pada diri sendiri bagaimana membangun mindset yang baru dalam pengembangan diri.

pearlhwang9949

pearlhwang9949

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *